A. VISI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KOTA MAKASSAR

Visi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Makassar merupakan perwujudan dari sasaran dan arah kebijakan pembangunan Kota Makassar Tahun 2014 – 2019. Perwujudan visi ini adalah gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan tugas dan fungsi dalam kurun waktu 5 (lima) Tahun.

Perumusan Visi dilakukan untuk menindaklanjuti hasil analisis isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan daerah (PPD) untuk menemukan perwujudan visi. Berbagai permasalahan pembangunan yang berhubungan layanan atau peningkatan kinerja penyelenggaraan urusan.

Visi Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar dirumuskan berdasarkan tindak lanjut hasil analisis isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan daerah. Visi Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar adalah :
“Terwujudnya Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Kondusif, Kuat dan Kompetitif Bagi Pengembangan Ekonomi Daerah”

B. DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KOTA MAKASSAR

Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan dalam lima tahun kedepan (Tahun 2014-2019) yang bertumpu pada potensi dan sumber daya yang dimiliki serta ditunjang oleh semangat kebersamaan, tanggung jawab yang optimal dan proporsional, maka misi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah adalah :

  1. Merekonstruksi nasib rakyat menjadi masyarakat sejahtera standar dunia
  2. Merestorasi tata ruang kota menjadi kota nyaman berkelas dunia
  3. Meningkatkan kualitas kelembagaan, produktivitas, daya saing dan kemandirian Koperasi dan UMKM;
  4. Meningkatkan kompetensi SDM Koperasi dan UMKM yang professional;
  5. Memberikan peluang berusaha yang seluas-luasnya kepada Koperasi dan UKM melalui program Dana Bergulir;
  6. Meningkatkan promosi dalam dan luar negeri sehingga mampu menguasai pangsa pasar dalam era perdagangan bebas/globalisasi;