URAIAN TUGAS JABATAN STRUKTURAL

URAIAN TUGAS KEPALA DINAS

  1. Merumuskan dan Melaksanakan Kebijakan di bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;
  2. Merumuskan dan Melaksanakan Visi dan Misi Dinas;
  3. Merumuskan dan Mengendalikan pelaksanaan program dan kegiatan Sekretariat Kelembagaan Koperasi, Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam dan Bidang Pendidikan, Penyuluhan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;
  4. Merumuskan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA dan Perjanjian Kinerja (PK) dinas;
  5. Mengoordinasikan dan merumuskan bahan penyiapan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  6. Merumuskan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dinas;
  7. Mengoordinasikan pembinaan dan pengembangan kapasitas organisasi dan tata laksana;
  8. Merumuskan kebijakan teknis di bidang perkoperasian, usaha kecil dan menengah;
  9. Menetapkan Rencana dan program pengaturan, pengurusan, pendaftaran, pengesahan serta pembubaran koperasi;
  10. Melaksanakan Pengendalian dan Perencanaan teknis operasional penyuluhan koperasi;
  11. Menetapkan Rencana Pembinaan pengelola koperasi simpan pinjam;
  12. Melaksanakan Pemberian Perizinan dan pelayanan umum di bidang perkoperasian;
  13. Melaksanakan Perencanaan dan Pengendalian teknis operasional Pengelolaan Keuangan, Kepegawaian dan Pengurusan barang milik Daerah yang berada dalam penguasaannya;
  14. Melaksanaan tugas pembantuan dari pemerintah Provinsi ke pemerintah Kota sesuai dengan bidang tugasnya;
  15. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  16. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  17. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada pimpinan;
  18. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait lainnya sesuai dengan lingkup tugasnya;
  19. Membina, membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  20. Melaksanakan pembinaan jabatan fungsional;
  21. Melaksanakan pembinaan unit pelaksana teknis;
  22. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada walikota melalui Sekretaris Daerah;
  23. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh walikota.

 

 URAIAN TUGAS SEKRETARIS

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Sekretariat;
  2. Melaksanakan Penyusunan Kebijakan teknis urusan Perencanaan dan Pelaporan, Keuangan, Umum dan Kepegawaian;
  3. Mengoordinasikan pelaksanaan tugas Subbagian Perencanaan dan Pelaporan, Subbagian Keuangan dan Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  4. Menghimpun dan Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Sekretariat;
  5. Mengoordinasikan, Mengawasi dan Mengendalikan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Sekretariat;
  6. Mengoordinasikan setiap bidang dalam penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA dan Perjanjian Kinerja (PK), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dinas;
  7. Mengoordinasikan setiap bidang dalam penyiapan bahan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kota dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  8. Mengoordinasikan setiap bidang dalam penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) dinas;
  9. Mengoordinasikan setiap bidang dalam pembinaan dan pengembangan kapasitas organisasi dan tata laksana;
  10. Mengoordinasikan penyelenggaraan urusan ketatausahaan, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan aset serta urusan kehumasan, dokumentasi dan protokoler dinas;
  11. Mengevaluasi Pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, Memahami dan Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Melaksanakan pembinaan disiplin aparatur sipil negara di lingkup dinas;
  15. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

 URAIN TUGAS SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN PELAPORAN

  1. Merencanakan, Menyusun dan Melaksanakan program dan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  4. Menghimpun bahan dan menyusun Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA dan Perjanjian Kinerja (PK) dinas;
  5. Menghimpun bahan dan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dinas;
  6. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)/Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  7. Menghimpun, memaduserasikan dan menyiapkan bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA dari setiap bidang untuk dikoordinasikan dengan Perangkat Daerah terkait;
  8. Menghimpun dan menganalisa data pelaporan kegiatan dari setiap bidang sebagai bahan evaluasi;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN SUBBAGIAN KEUANGAN

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Subbagian Keuangan;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Keuangan;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Keuangan;
  4. Melaksanakan kegiatan administrasi dan akuntansi keuangan di lingkup dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Meneliti dan memverifikasi kelengkapan Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan dokumen pencairan anggaran lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Menyiapkan dan menerbitkan Surat Perintah Membayar (SPM) lingkup dinas;
  7. Menyusun segala bentuk pelaporan keuangan lingkup dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  9. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  10. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  11. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  12. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

SUBBAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  4. Mengatur administrasi dan pelaksanaan surat masuk dan surat keluar sesuai dengan tata naskah dinas yang berlaku;
  5. Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian di lingkup dinas;
  6. Meminta dan menganalisa rencana kebutuhan barang unit dari setiap bidang;
  7. Membuat daftar kebutuhan barang dan rencana tahunan barang unit;
  8. Menyusun kebutuhan biaya pemeliharaan barang;
  9. Melaksanakan pengadaan, pemeliharaan dan pendistribusian barang di lingkup dinas;
  10. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat berharga lainnya tentang barang inventaris Daerah;
  11. Melaksanakan tugas kehumasan dan protokoler dinas;
  12. Menghimpun bahan dan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) dinas;
  13. Menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan kapasitas organisasi dan tata laksana;
  14. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  15. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  16. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  17. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  18. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS BIDANG KELEMBAGAAN KOPERASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Bidang Kelembagaan Koperasi;
  2. Menghimpun dan menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Kelembagaan Koperasi;
  3. Mengoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Kelembagaan Koperasi;
  4. Menyusun bahan perumusan kebijakan pembinaan dan pengembangan kelembagaan, manajemen dan usaha koperasi;
  5. Menyusun bahan bimbingan dan pengendalian teknis proses Pendirian dan Pengesahan Anggaran Dasar dan Pembubaran Koperasi;
  6. Menyusun bahan bimbingan dan pengendalian teknis proses pengajuan Badan Koperasi Baru/Perubahan Anggaran Dasar, penggabungan dua atau lebih koperasi yang sejenis (amal gamasi) dan pembubaran koperasi sampai selesai Surat Keputusan Penutupan;
  7. Menyusun bahan bimbingan teknis kegiatan kerjasama antar koperasi, pengusaha kecil, menengah dan badan-badan usaha lainnya dalam rangka pengembangan organisasi;
  8. Menyiapkan bahan bimbingan teknis kegiatan pemberian bantuan hukum antar koperasi dalam penyelesaian/persengketaan hukum antar koperasi atau alat-alat perlengkapan organisasi;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;

 

URAIAN TUGAS SEKSI PENDAFTARAN DAN HUKUM KOPERASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pendaftaran dan Hukum Koperasi;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendaftaran dan Hukum Koperasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendaftaran dan Hukum Koperasi;
  4. Menyiapkan bahan perumusan pembinaan Koperasi sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  5. Mengumpulkan dan mengolah data koperasi sebagai bahan pembinaan dalam rangka penerangan, penyuluhan dibidang pendaftaran dan hukum;
  6. Melakukan konsultasi dan bimbingan teknis dalam pemberian pelayanan pendaftaran dan hukum kepada koperasi;
  7. Melakukan bimbingan dan Meregistrasi usul pendirian, perubahan anggaran dasar, amal gamasi dan pembubaran koperasi;
  8. Menyiapkan Surat Keputusan Pengesahan Akta Pendirian dan Perubahan Anggaran Dasar serta Pembubaran Koperasi;
  9. Meneliti dan menginventarisir koperasi yang aktif dan tidak aktif untuk pembinaan;
  10. Melakukan monitoring dan mengevaluasi pelaksanaan Rapat Anggota dan Rapat Anggota Tahunan;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan Menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMBINAAN ORGANISASI DAN TATA LAKSANA KOPERASI

  1. Merencanakan, Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembinaan Organisasi dan Tata Laksana Koperasi;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Organisasi dan Tata Laksana Koperasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Organisasi dan Tata Laksana Koperasi;
  4. Melakukan pembinaan administrasi, organisasi dan usaha koperasi;
  5. Memberikan bimbingan teknis kepada koperasi tentang fungsi dan tugas perangkat-perangkat organisasi koperasi simpan pinjam dan usaha simpan pinjam;
  6. Mengatur dan membimbing kerja sama antar koperasi, pengusaha kecil menengah dan badan-badan usaha lainnya dalam rangka pengembangan organisasinya;
  7. Memberikan bantuan hukum kepada koperasi dalam penyelesaian/ persengketaan hukum antar Koperasi atau alat-alat perlengkapan organisasi;
  8. Melakukan monitoring dan mengevaluasi pelaksanaan administrasi dan tata laksana pada koperasi;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembinaan dan Pengembangan Usaha Koperasi;
  2. Menyusun Bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan dan Pengembangan Usaha Koperasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan dan Pengembangan Usaha Koperasi;
  4. Menyusun, mengelola data dan mengklarifikasi usaha koperasi;
  5. Menganalisa dan mengevaluasi data teknis jenis usaha koperasi;
  6. Mempersiapkan pelaksanaan usaha;
  7. Mengarahkan koperasi yang bergerak di bidang perkotaan dalam mengembangkan usahanya melalui proses produksi dan kemitraan;
  8. Memberi motivasi, mengarahkan koperasi untuk meningkatkan usahanya melalui fasilitas permodalan dari Bank, Badan Usaha Milik Negara atau lembaga lainnya;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS BIDANG USAHA KECIL DAN MENENGAH

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Bidang Usaha Kecil dan Menengah;
  2. Menghimpun dan menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Usaha Kecil dan Menengah;
  3. Mengoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Usaha Kecil dan Menengah;
  4. Menyusun bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah;
  5. Menyusun rencana dan program pembinaan pengusaha kecil mikro melalui pengelompokan usaha di wilayah tertentu dalam Kota Makassar;
  6. Menyusun bahan penyusunan rencana dan program penyusunan proyeksi perkembangan pengusaha kecil, tangguh, unggul, mandiri dan menengah bidang industri pertanian, perdagangan dan aneka usaha;
  7. Menyusun bahan bimbingan teknis pengidentifikasian pengusaha kecil, tangguh, unggul mandiri dan menengah bidang industri pertanian, industri non pertanian, perdagangan dan aneka usaha;
  8. Menyusun bahan bimbingan teknis peningkatan wawasan dan keterampilan pengusaha kecil dan koperasi melalui pelatihan, magang, studi banding dan pameran;
  9. Menyusun bahan bimbingan teknis kerjasama dalam kemitraan jaringan usaha antara kecil dan menengah dalam rangka kemitraan dan jaringan usaha;
  10. Menyusun bahan bimbingan teknis pembinaan pengusaha kecil dan menengah dibidang perdagangan dan aneka usaha;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMBINAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH LORONG

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah Lorong;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah Lorong;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah Lorong;
  4. Mempersiapkan teknis pembinaan dan bimbingan kepada pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non-pertanian;
  5. Melakukan pembinaan dalam bentuk konsultasi, pelatihan, studi banding, pemagangan, pameran dan temu kemitraan bagi pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian;
  6. Melakukan konsultasi dan pengambilan data pada Instansi terkait dalam rangka pembinaan pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian;
  7. Mempersiapkan teknis pembinaan dan bimbingan kepada pengusaha kecil dan menengah di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  8. Melakukan pembinaan dalam bentuk konsultasi, pelatihan, studi banding, pemagangan, pameran dan temu kemitraan bagi pengusaha kecil dan menengah di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  9. Membuat laporan secara berkala terhadap pembinaan pengusaha kecil dan menengah bidang perdagangan dan aneka usaha;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  11. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  13. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMBINAAN INDUSTRI NON PERTANIAN

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembinaan Industri Non Pertanian;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Industri Non Pertanian;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembinaan Industri Non Pertanian;
  4. mengadakan inventarisasi data dan pengelompokan pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian;
  5. Melakukan monitoring, evaluasi terhadap perkembangan pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian;
  6. Mengumpulkan, mencatat dan mengklasifikasi data teknis usaha pengusaha kecil dan menengah bidang produksi dan tata niaga hasil industri/kerajinan rakyat non pertanian;
  7. Mengidentifikasi, mengelompokkan dan mengevaluasi proposal pengusaha kecil dan menengah bidang industri usaha non pertanian yang akan diajukan ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN);
  8. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  9. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  10. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  11. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  12. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN ANEKA USAHA

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pemasaran dan Pengembangan Aneka Usaha;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pemasaran dan Pengembangan Aneka Usaha;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pemasaran dan Pengembangan Aneka Usaha;
  4. Melakukan inventarisasi data dan pengelompokan pengusaha kecil dan menengah di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  5. Melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah oleh golongan ekonomi lemah;
  6. Melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran, pemanfaatan pengembalian dana BUMN/BUMD serta BUMS dan lembaga perbankan yang diperoleh pengusaha kecil dan menengah;
  7. Melakukan monitoring evaluasi pelaksanaan kegiatan pembinaan pengusaha kecil dan menengah serta perdagangan aneka usaha;
  8. Mengidentifikasi, mengelompokkan dan mengevaluasi proposal pengusaha kecil dan menengah bidang perdagangan dan aneka usaha yang akan diajukan ke BUMN;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

 URAIAN TUGAS BIDANG PEMBIAYAAN DAN SIMPAN PINJAM

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam;
  2. Menghimpun dan menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam;
  3. Mengoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam;
  4. Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan teknis pembinaan;
  5. Melaksanakan penyiapan bahan administrasi organisasi dan usaha dalam bentuk bimbingan;
  6. Melaksanakan konsultasi dan pelatihan kepada pengelola koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi;
  7. Melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis pengawasan dan usaha koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam atas asas prinsip dasar koperasi;
  8. Melaksanakan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program pembinaan usaha koperasi dan usaha kecil menengah di bidang permodalan;
  9. Melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis pemanfaatan fasilitas kredit dan bantuan permodalan;
  10. Melaksanakan penyiapan bahan bimbingan teknis evaluasi kegiatan usaha koperasi di bidang permodalan;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PENGAWASAN DAN PENILAIAN

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pengawasan dan Penilaian;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pengawasan dan Penilaian;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pengawasan dan Penilaian;
  4. Menyusun rencana program pemeriksaan koperasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  5. Menyusun rencana program pemeriksaan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam;
  6. Mengumpulkan dan menganalisa data perkembangan usaha koperasi di bidang usaha simpan pinjam;
  7. Melakukan pemeriksaan administrasi pembukuan, usaha koperasi, anggaran dasar/anggaran rumah tangga koperasi;
  8. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik menyangkut organisasi maupun usaha koperasi termasuk pelaksanaan pembinaan anggota koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam;
  9. Melakukan pemantauan dan menganalisa perkembangan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam secara berkala dalam bentuk laporan bulanan, triwulan, maupun tahunan;
  10. Melakukan penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam meliputi laporan keuangan, neraca, perhitungan sisa hasil usaha serta menyusun kertas kerja penilaian;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMBIAYAAN DAN PERMODALAN KOPERASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembiayaan dan Permodalan Koperasi;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembiayaan dan Permodalan Koperasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembiayaan dan Permodalan Koperasi;
  4. Mengumpulkan dan mengklasifikasi data usaha koperasi dibidang permodalan;
  5. Menyusun rencana dan program bimbingan usaha koperasi dibidang permodalan;
  6. Mempersiapkan bahan-bahan dan memberikan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha koperasi di bidang permodalan;
  7. Melakukan bimbingan kepada gerakan koperasi dalam usaha memanfaatkan fasilitasi kredit dan bantuan permodalan;
  8. Melakukan monitoring dan mengevaluasi kegiatan usaha koperasi di bidang permodalan;
  9. Menyusun dan mengelompokkan koperasi yang telah mendapatkan bantuan kredit/permodalan;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  11. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  13. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PEMBIAYAAN DAN PERMODALAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pembiayaan dan Permodalan Usaha Kecil dan Menengah;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembiayaan dan Permodalan Usaha Kecil dan Menengah;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pembiayaan dan Permodalan Usaha Kecil dan Menengah;
  4. Mengumpulkan dan mengklasifikasi data usaha kecil dan menengah dibidang permodalan
  5. Menyusun rencana dan program bimbingan usaha kecil dan menengah dibidang permodalan;
  6. Melakukan bimbingan teknis bagi pengembangan usaha kecil dan menengah dibidang permodalan;
  7. Melakukan bimbingan kepada gerakan usaha kecil dan menengah dalam usaha memanfaatkan fasilitas kredit dan bantuan permodalan;
  8. Melakukan monitoring dan mengevaluasi kegiatan usaha kecil dan menengah dibidang permodalan;
  9. Menyusun dan mengelompokkan usaha kecil dan menengah yang telah mendapatkan bantuan kredit/permodalan;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  11. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  13. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS BIDANG PENDIDIKAN, PENYULUHAN KOPERASI
DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Bidang Pendidikan, Penyuluhan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;
  2. Menghimpun dan menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Pendidikan, Penyuluhan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;
  3. Mengoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Bidang Pendidikan, Penyuluhan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;
  4. Menyusun bahan perumusan kebijakan penyelenggaraan pendidikan dan penyuluhan koperasi dan usaha kecil menengah;
  5. Menyusun bahan bimbingan dan pengendalian teknis pelaksanaan metode dan program pendidikan dan penyuluhan;
  6. Menyusun bahan bimbingan dan konsultasi kepada koperasi untuk penyesuaian dan perubahan anggaran dasar;
  7. Menyusun bahan bimbingan dan konsultasi kepada kelompok masyarakat untuk membentuk koperasi;
  8. Melakukan bimbingan teknis persiapan kegiatan pendidikan dan penyuluhan kepada koperasi, usaha kecil menengah;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI PENDIDIKAN DAN PENYULUHAN KOPERASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Koperasi;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Koperasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Koperasi;
  4. Melaksanakan kegiatan program pendidikan penyuluhan bagi koperasi;
  5. Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan setiap tahun anggaran;
  6. Menyusun kalender pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  7. Melakukan kerja sama dengan Instansi lain/non pemerintah dalam rangka pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan perkoperasian;
  8. Mempersiapkan administrasi kegiatan pendidikan dan penyuluhan kepada koperasi;
  9. Melakukan dan mengatur pengadaan bahan dan sarana pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  10. Menyusun laporan pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  11. Mengevaluasi hasil pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan perkoperasian;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

 URAIAN TUGAS SEKSI PENDIDIKAN DAN PENYULUHAN USAHA KECIL DAN MENENGAH

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Usaha Kecil dan Menengah;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Usaha Kecil dan Menengah;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Pendidikan dan Penyuluhan Usaha Kecil dan Menengah;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan program pendidikan dan penyuluhan bagi usaha kecil dan menengah;
  5. Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan setiap tahun anggaran;
  6. Menyusun kalender pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  7. Melakukan kerja sama dengan Instansi lain/non Pemerintah dalam rangka pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan usaha kecil dan menengah;
  8. Mempersiapkan administrasi kegiatan pendidikan dan penyuluhan kepada usaha kecil dan menengah;
  9. Melakukan dan mengatur pengadaan bahan dan sarana pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  10. Menyusun laporan pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan;
  11. Mengevaluasi hasil pelaksanaan pendidikan dan penyuluhan usaha kecil menengah;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

URAIAN TUGAS SEKSI DATA DAN INFORMASI

  1. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan di Seksi Data dan Informasi;
  2. Menyusun bahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA)/RKPA, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Data dan Informasi;
  3. Melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)/DPPA Seksi Data dan Informasi;
  4. Menghimpun dan mengolah data koperasi dan pengusaha kecil untuk bahan statistik;
  5. Mengoordinasikan kepada bidang-bidang yang terkait;
  6. Menginventarisasikan data dan laporan;
  7. Menyusun data laporan;
  8. Mengevaluasi data untuk bahan informasi;
  9. Memberikan informasi terkait penyelenggaraan koperasi, usaha kecil dan menengah;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan dilingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  11. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  12. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  13. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

 

JABATAN NON STRUKTURAL  ( PELAKSANA) DINAS KOPERASI DAN KEPEGAWAIAN 2017

1.Pengolah Data Kepegawaian

  1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. Menyusun Daftar Urutan Kepangkatan (DUK), mutasi kepangkatan pegawai/data pegawai;
  3. Membuat buku kendali Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Kontrak;
  4. Melakukan penyelesaian administrasi kepegawaian tentang usulan kenaikan pangkat;
  5. Membuat Kenaikan Gaji Berkala (KGB) dan buku kendali;
  6. Menyusun rencana pegawai;
  7. Membuat usul pegawai yang akan pensiun;
  8. Mengurus pengarsipan surat/dokumen pegawai;
  9. Membuat usul pegawai yang akan cuti;
  10. Mengagenda surat masuk dan surat keluar kepegawaian;
  11. Memelihara dan mengatur tata naskah pegawai sesuai dengan sistim yang telah ditetapkan;
  12. Menyusun dan menyampaikan usulan formasi kepada Bagian Kepegawaian Setda Kabupaten serta mencatat penggunaan formasi;
  13. Membuat daftar nominatif pegawai dan tata naskah untuk data perorangan;
  14. Menyusun dan menyampaikan usulan UKP, pendidikan dan latihan, kartu pegawai, Karis/Karsu, cuti pegawai, pensiun, pemindahan, pemberhentian, peninjauan masa kerja dan mengurus Kenaikan Gaji Berkala (KGB), DP3, Kartu pengenal, daftar hadir membuat statistik kepegawaian dan daftar urut kepangkatan;
  15. Mengurus Taspen, Askes, menyampaikan kelengkapan data kepegawaian untuk pemberian tanda penghargaan, pengambilan sumpah/janji PNS atau jabatan dan jenis kesejahteraan lainnya;
  16. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

2.Penyimpan Barang

  1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. Menerima, menyimpan dan menyalurkan barang milik daerah;
  3. Meneliti dan menghimpun dokumen pengadaan barang yang diterima;
  4. Meneliti jumlah dan kualitas barang yang diterima sesuai dengan dokumen pengadaan;
  5. Mencatat barang milik daerah yang diterima ke dalam buku/kartu barang;
  6. Mengamankan barang milik daerah yang ada dalam persediaan;
  7. Membuat laporan penerimaan, penyaluran dan stock/persediaan barang milik daerah kepada kepala SKPD;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.

 

3. Pengurus Barang

  1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. Mencatat seluruh barang milik daerah yang berada di SKPD yang berasal dari APBD maupun perolehan lain yang sah kedalam Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu Inventaris Ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI) dan Buku Induk Inventaris (BII), sesuai kodefikasi dan penggolongan barang milik daerah;
  3. Melakukan pencatatan barang milik daerah yang dipelihara/diperbaiki kedalam kartu pemeliharaan;
  4. Menyiapkan Laporan Barang Pengguna Semesteran (LBPS) dan Laporan Barang Pengguna Tahunan (LBPT) serta Laporan Inventarisasi 5 (lima) tahunan yang berada di SKPD kepada pengelola;
  5. Menyiapkan usulan penghapusan barang milik daerah yang rusak atau tidak dipergunakan lagi;
  6. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya;
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  8. Bendahara Pengeluaran
  9. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  10. Mengelola Uang Persediaan/Uang Operasional;
  11. Meneliti kelengkapan berkas surat perintah pembayaran yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran;
  12. Menguji kebenaran perhitungan tagihan yang tercantum dalam perintah pembayaran;
  13. Menguji ketersediaan dana;
  14. Menyetorkan seluruh penerimaan potongan dan pajak yang dipungutnya ke rekening Kas Negara pada BPD dalam jangka waktu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  15. Melakukan permintaan pembayaran yang dilakukan melalui penerbitan SPP-LS, SPP-UP, SPP-GU dan SPP-TU;
  16. Menyelenggarakan penatausahaan keuangan dan pembukuan secara tertib dan teratur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  17. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya.

 

4. Bendahara Pengeluaran Pembantu

  1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. Menyiapkan administrasi Uang Persediaan/Uang Operasional;
  3. Menyiapkan kelengkapan berkas surat perintah pembayaran yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran untuk diteliti oleh Bendahara Pengeluaran;
  4. Menyiapkan data-data perhitungan tagihan yang tercantum dalam perintah pembayaran;
  5. Menyiapkan data ketersediaan dana;
  6. Mengumpulkan seluruh penerimaan potongan dan pajak yang dipungutnya ke rekening Kas Negara pada BPD dalam jangka waktu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Menyiapkan berkas administrasi dan meneliti permintaan pembayaran yang dilakukan melalui penerbitan SPP-LS, SPP-UP, SPP-GU dan SPP-TU;
  8. Membantu Bendahara Pengeluaran dalam melaksanakan tugas-tugas lainnya;
  9. Menyelenggarakan penatausahaan keuangan dan pembukuan secara tertib dan teratur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai bidang tugasnya

 

5. Pengklasifikasi Organisasi Koperasi

  1. Mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. Menerima dan mempelajari data manajemen usaha koperasi;
  3. Membuat data klasifikasi bentuk dan jenis usaha koperasi;
  4. Membuat konsep pembinaan dan pengembangan usaha dalam mengelola administrasi dan organisasi koperasi;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan rencana pembinaan administrasi, organisasi dan usaha koperasi;
  6. Menyiapkan data yang diperlukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyelenggaraan koordinasi pengelolaan kelembagaan usaha koperasi;
  7. Menyiapkan bahan bimbingan teknis kepada koperasi tentang fungsi dan tugas perangkat-perangkat organisasi Koperasi Simpan Pinjam/USP;
  8. Menyusun serta mengatur bentuk kerjasama antar koperasi, pengusaha kecil menengah dan badan-badan usaha lainnya dalam rangka pengembangan organisasinya;
  9. Menyiapkan bahan monitoring perangkat-perangkat organisasi koperasi dalam pelaksanaan administrasi usaha koperasi;
  10. Membuat laporan kepada secara periodik sebagai bahan evaluasi untuk menentukan langkah pembinaan lebih lanjut;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya

 

6. Pengelola kegiatan pendidikan dan penyuluhan koperasi

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. membuat data koperasi yang akan melakukan pelatihan dan pendidikan;
  3. mengetik data dan berkas pengusulan badan hukum;
  4. melaksanakan evaluasi terhadap laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT);
  5. menginventarisasi koperasi yang sudah dan belum mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT);
  6. menyusun konsep pembinaan dalam rangka pembuatan penyusunan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT);
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

7. Penginventarisasi Badan Hukum

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. melaksanakan kegiatan bimbingan kepada koperasi dalam membuat laporan;
  3. melaksanakan inventarisasi koperasi yang mengajukan badan hukum;
  4. mengagenda badan hukum koperasi;
  5. mengevaluasi laporan koperasi;
  6. membuat laporan tahunan;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

8. Pengelola Data UKM bidang industri non pertanian

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengadakan inventarisasi data pengusaha kecil dan menengah bidang industri non pertanian;
  3. mengelompokkan pengusaha kecil dan menengah bidang industri non pertanian;
  4. melakukan monitoring, evaluasi terhadap perkembangan pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian;
  5. mempersiapkan data teknis pembinaan dan bimbingan kepada Pengusaha Kecil dan Menengah di bidang industri non pertanian dan aneka jasa;
  6. mengetik laporan hasil identifikasi;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

9. Penginventariasi Data UKM

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengumpulkan data jenis UKM yang bergerak di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  3. mengelompokkan jenis UKM di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  4. melakukan monitoring, evaluasi terhadap perkembangan pengusaha kecil dan menengah di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  5. mempersiapkan data teknis pembinaan dan bimbingan kepada Pengusaha Kecil dan Menengah di bidang perdagangan dan aneka usaha;
  6. mengetik laporan pelaksanaan tugas;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

10. Pengklasifikasi Data UKM

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengadakan inventarisasi data UKM dibidang industri non pertanian dan perdagangan serta aneka usaha dan jasa;
  3. mengelompokkan jenis UKM dibidang industri non pertanian dan perdagangan serta aneka usaha dan jasa;
  4. mengumpulkan dan mencatat data teknis UKM dibidang industri non pertanian dan perdagangan serta aneka usaha dan jasa;
  5. melakukan konsultasi dan pengambilan data pada instansi terkait dalam rangka pembinaan pengusaha kecil dan menengah dibidang industri non pertanian dan perdagangan serta aneka usaha dan jasa;
  6. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

11. Pengolah Data Bimbingan UKM

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. menyusun dan melaksanakan rencana kegiatan bimbingan teknis pembinaan kepada pengusaha kecil dan menengah di bidang Industri Non-Pertanian, Perdagangan dan aneka jasa;
  3. menyiapkan bahan pembinaan dalam bentuk konsultasi, pelatihan, studi banding, pemagangan, pameran dan temu kemitraan bagi pengusaha kecil dan menengah di bidang industri non pertanian, perdagangan dan aneka jasa;
  4. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  5. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

12. Pengklasifikasi dan Permodalan Usaha Koperasi

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengagenda surat masuk dan keluar seksi Pembiayaan dan Permodalan Koperasi;
  3. mengumpulkan dan mengklasifikasi data usaha koperasi yang akan mendapat bantuan permodalan;
  4. menyiapkan bahan bimbingan teknis usaha koperasi dibidang permodalan;
  5. menyusun dan mengelompokkan koperasi yang telah mendapat bantuan kredit/permodalan;
  6. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

13. Pengadministrasi Pembukuan dan AD/ART Koperasi

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. mengagenda surat masuk dan keluar seksi pengawasan dan penilaian;
  3. menyusun data administrasi pembukuan organisasi koperasi, AD/ART Koperasi;
  4. mempersiapkan data pemeriksaan administrasi pembukuan, usaha koperasi, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Koperasi;
  5. mempersiapkan bahan penilaian kesehatan koperasi meliputi laporan keuangan, Neraca, perhitungan sisa hasil usaha serta menyusun kertas kerja penilaian;
  6. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  7. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.

 

14. Pengolah Data

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. melaksanakan pengumpulan bahan dan data serta koperasi dan pengusaha kecil;
  3. mengolah data permodalan koperasi dan program jaringan usaha;
  4. membuat data base koperasi dan Usaha Kecil Menengah;
  5. menyiapkan data-data lahan lokasi pendirian perusahaan;
  6. melakukan studi kelayakan;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya

15. Penginventarisasi Data dan Laporan

  1. mempelajari tugas dan petunjuk kerja yang diberikan atasan;
  2. menginventarisasi Data Koperasi dan Usaha Kecil Menengah;
  3. mengumpulkan dan menganalisa serta menyusun bahan-bahan promosi;
  4. menyusun laporan koperasi yang bermasalah;
  5. menginventarisasi potensi dan peluang investasi;
  6. mengidentifikasi peluang investasi yang dapat dikerjasamakan dengan pihak investor;
  7. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  8. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.